Prinsip-prinsip dan konsep-konsep kimia dasar yang perlu dipelajari oleh siswa dan mahasiswa untuk menjelajah ilmu kimia. Diterjemahkan dari Buku Chemistry 10th Edition Raymond Chang Tahun 2010.

Pendahuluan

Peluang Kimia Hari Ini dan Besok

Mungkin Anda bertanya: "Peluang apa yang dapat saya harapkan jika saya belajar kimia hari ini?". Kebanyakan siswa menganggap bahwa pelajaran kimia merupakan pelajaran yang sulit, dan mungkin sebagian siswa bingung "untuk apa belajar kimia?". Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita melihat sejenak peluang kimia hari ini dan besok.

Cerita ini adalah tentang kimia, yang menceritakan bagaimana kimia relevan dengan hidup kita hari ini. Cerita tentang ruang lingkup kimia baru yang sedang dibuka, dan manfaat apa yang mungkin diperoleh darinya. Cerita ini memberi informasi seberapa besar kontribusi kimia terhadap keberadaan kita, budaya kita, dan kualitas hidup kita. Pengantar kimia ini menunjukkan bagaimana kimia mejadi sentral di antara ilmu-ilmu yang diterapkan pada kebutuhan manusia. Cerita ini menunjukkan betapa pentingnya bahan kimia untuk kelangsungan hidup kita. Dan apakah bahan kimia itu? Mungkin Anda sudah menyiapkan jawabannya — DDT, Metil Oranye, dan dioksin adalah bahan kimia. Ya, memang demikian, sama seperti gula dan garam, udara dan aspirin, susu dan magnesium, protein dan penisilin adalah bahan kimia. Tubuh Kita sendiri seluruhnya terbuat dari bahan kimia.

Tapi bagaimana dengan perubahan yang kita lihat di sekitar kita: besi berkarat, rumput tumbuh, kayu terbakar? Di sini kita melihat satu set bahan kimia berubah menjadi satu set bahan kimia lainnya. Kimia adalah ilmu yang memperhatikan perubahan semacam itu. Tanpa perubahan ini, yaitu reaksi kimia, Bumi akan menjadi planet tak bernyawa. Tanaman kacang-kacangan mengambil karbon dioksida dari udara dan air dari tanah untuk menghasilkan karbohidrat melalui serangkaian reaksi kimia menakjubkan yang disebut fotosintesis. Semua proses kehidupan adalah reaksi kimia. Dan semua hal yang kita gunakan, kenakan, tinggali, kendarai, dan mainkan diproduksi melalui reaksi kimia yang terkontrol. Itulah urusan kimiawan: merancang reaksi yang akan mengubah zat kimia yang kita temukan di sekitar kita menjadi zat kimia yang memenuhi kebutuhan kita. Kita ingin transistor silikon untuk komputer kita, tetapi kita tidak menemukan silikon seperti itu di alam. Sebaliknya, kita menemukan silika dalam bentuk pasir di setiap pantai. Melalui ilmu kimia, silika diubah menjadi silikon unsur. Kita menginginkan bahan kimia yang efektif melawan penyakit Parkinson. Kimiawan merespons dengan mensintesis bahan kimia karbidopa, zat yang tidak ditemukan di alam, tetapi sangat efektif dalam terapi medis. Pengemudi ingin membakar jutaan galon bahan bakar setiap hari dengan minimal kontaminasi gas buang di atmosfer. Sebagian dari jawabannya ditemukan di konverter gas buang katalitik mobil Anda, dan sisanya dalam manipulasi kimiawi yang luar biasa dari bahan mentah yang kita miliki, minyak mentah, yang diubah dalam skala besar menjadi bahan kimia olahan yang membakar secara efisien di mesin mobil Anda. .

Ahli kimia berhasil menjawab begitu banyak kebutuhan masyarakat kita melalui pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang mengatur dan memberikan kendali atas reaksi kimia. Pemahaman ini berakar pada konsep kuat yang disebut teori atom di mana semua zat dianggap terdiri dari partikel submikroskopis yang disebut atom. Ada sekitar ratusan jenis atom kimia, masing-masing jenis memiliki karakteristik perilakunya sendiri. Ini adalah "unsur". Atom memiliki kemampuan karakteristik untuk bergabung satu sama lain membentuk kelompok atom yang dapat diidentifikasi, yang disebut molekul. Masing-masing molekul ini memiliki seperangkat sifatnya sendiri. Ini adalah "senyawa."

Seberapa baik teori atom ini bekerja ditunjukkan oleh pencapaian para ahli kimia yang dipandu olehnya. Lebih dari tujuh juta senyawa molekul berbeda telah disintesis, dan laju penemuannya meningkat setiap tahun. Hanya sebagian kecil di antaranya yang ditemukan di alam — sebagian besar sengaja dirancang dan disintesis untuk memenuhi kebutuhan manusia atau untuk menguji ide. Buku ini bercerita tentang dampak kapabilitas yang berkembang ini pada masyarakat kita. Ini menunjukkan bahwa kimia memainkan peran penting dalam upaya manusia untuk memberi makan populasi dunia, untuk memanfaatkan sumber energi baru, untuk pakaian dan rumah umat manusia, untuk menyediakan pengganti terbarukan untuk bahan yang semakin menipis atau langka, untuk meningkatkan kesehatan dan menaklukkan penyakit, dan untuk memantau dan melindungi lingkungan kita. Ini menunjukkan bahwa ada banyak peluang dalam kimia untuk kemajuan melalui penelitian dasar yang akan membantu generasi masa depan menangani kebutuhan mereka yang terus berkembang.

Karena daya tanggap terhadap kebutuhan manusia ini, kimia telah menjadi faktor penting dalam kesejahteraan ekonomi bangsa. Sama pentingnya, budaya kita percaya bahwa mempelajari tempat kita di alam semesta adalah alasan yang cukup untuk mendorong penyelidikan ilmiah. Misalnya, tidak ada yang lebih mengkhawatirkan manusia daripada pertanyaan tentang sifat kehidupan dan bagaimana cara melestarikannya. Karena semua proses kehidupan disebabkan oleh perubahan kimiawi, memahami reaktivitas kimiawi adalah landasan yang diperlukan untuk pemahaman akhir kita tentang kehidupan. Jadi, kimia, bersama dengan biologi, memberikan kontribusi bagi pengetahuan manusia di bidang-bidang yang memiliki makna filosofis universal.

Untungnya, kita menemukan diri kita dalam waktu yang memiliki kesempatan khusus untuk maju di banyak bidang kimia. Peluang datang dari kemampuan kita yang berkembang untuk menyelidiki langkah-langkah dasar perubahan kimia dan, pada saat yang sama, untuk menangani kompleksitas molekul yang ekstrim dari molekul biologis. Tema berulang adalah penggunaan, oleh ahli kimia, teknik instrumental dari yang sederhana dan sampai yang paling canggih yang berkontribusi secara signifikan terhadap percepatan kemajuan kimia. Kita berharap kimia menjadi ilmu yang menyenangkan, bahwa cerita ini akan memberi Anda pandangan baru tentang peran kimia yang bermanfaat dalam hidup Anda, dan bahwa beberapa dari Anda akan mencari lebih banyak lagi cerita tentang kimia untuk karier yang memuaskan dan bermanfaat.

Total Dilihat

Postingan Populer

Label

Postingan Terbaru

Cari Dengan Kata

Ikuti Dengan Email

Web Design By
Fp Comp

Subscriber