Prinsip-prinsip dan konsep-konsep kimia dasar yang perlu dipelajari oleh siswa dan mahasiswa untuk menjelajah ilmu kimia. Diterjemahkan dari Buku Raymond Chang, Peter Atkins, Yashito Takeuchi.

Ringkasan Pengetahuan Faktual dan Konseptual


  1. Simbol Lewis dot menunjukkan jumlah elektron valensi yang dimiliki oleh atom unsur tertentu. Simbol Lewis dot berguna terutama untuk unsur representatif.
  2. Unsur-unsur yang paling mungkin membentuk senyawa ionik memiliki energi ionisasi yang rendah (seperti logam alkali dan logam alkali tanah, yang membentuk kation) atau afinitas elektron yang tinggi (seperti halogen dan oksigen, yang membentuk anion).
  3. Ikatan ionik adalah produk dari gaya tarik elektrostatik antara ion positif dan ion negatif. Senyawa ionik terdiri dari jaringan besar ion di mana muatan positif dan negatif seimbang. Struktur senyawa ion padat memaksimalkan gaya tarik bersih di antara ion-ion.
  4. Energi kisi adalah ukuran stabilitas padatan ion. Ini dapat dihitung melalui siklus Born-Haber, yang didasarkan pada hukum Hess.
  5. Dalam ikatan kovalen, dua elektron (satu pasangan) dibagi oleh dua atom. Dalam ikatan kovalen ganda, dua atau tiga pasang elektron dibagi oleh dua atom. Beberapa atom yang terikat secara kovalen juga memiliki pasangan elektron bebas, yaitu pasangan elektron valensi yang tidak terlibat dalam ikatan. Susunan elektron ikatan dan pasangan elektron bebas dalam molekul diwakili oleh struktur Lewis.
  6. Elektronegativitas adalah ukuran kemampuan atom untuk menarik elektron dalam ikatan kimia.
  7. Aturan oktet memprediksi bahwa atom membentuk ikatan kovalen yang cukup untuk mengelilingi diri mereka masing-masing dengan delapan elektron. Ketika satu atom dalam pasangan yang terikat secara kovalen menyumbangkan dua elektron ke ikatan, struktur Lewis dapat memasukkan muatan formal pada setiap atom sebagai alat untuk melacak elektron valensi. Ada pengecualian untuk aturan oktet, terutama untuk senyawa berilium kovalen, unsur-unsur dalam Golongan 3A, molekul elektron ganjil, dan unsur-unsur pada periode ketiga dan seterusnya dalam tabel periodik.
  8. Untuk beberapa molekul atau ion poliatomik, dua atau lebih struktur Lewis berdasarkan struktur kerangka yang sama memenuhi aturan oktet dan tampak masuk akal secara kimia. Secara bersama-sama, struktur resonansi seperti itu mewakili molekul atau ion lebih akurat daripada struktur tunggal Lewis.
  9. Kekuatan ikatan kovalen diukur berdasarkan entalpi ikatannya. Entalpi ikatan dapat digunakan untuk memperkirakan entalpi reaksi.
Share:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Total Dilihat

Postingan Populer

Label

Arsip Blog

Postingan Terbaru

Cari Dengan Kata

Ikuti Dengan Email

Web Design By
Fp Comp

Pengikut