Monday, January 21, 2019

Ringkasan Pengetahuan Faktual Dan Konseptual 5



  1. Pada 25°C dan 1 atm, sejumlah unsur dan molekul senyawa berada sebagai gas. Senyawa ionik adalah padatan daripada gas dalam kondisi atmosfer.
  2. Gas memberikan tekanan karena molekulnya bergerak bebas dan bertabrakan dengan permukaan apa pun yang mereka sentuh. Satuan tekanan gas termasuk milimeter air raksa (mmHg), torr, pascal, dan atmosfer. Satu atmosfer sama dengan 760 mmHg, atau 760 torr.
  3. Hubungan tekanan-volume gas ideal diatur oleh hukum Boyle: Volume berbanding terbalik dengan tekanan (pada T dan n tetap).
  4. Hubungan suhu-volume gas ideal dijelaskan oleh hukum Charles dan Gay-Lussac: Volume berbanding lurus dengan suhu (pada P dan n tetap).
  5. Nol absolut (-273,15°C) adalah suhu terendah yang dapat dicapai secara teoritis. Skala suhu Kelvin mengambil 0 K sebagai nol mutlak. Dalam semua perhitungan hukum gas, suhu harus dinyatakan dalam kelvin.
  6. Hubungan jumlah-volume gas ideal dijelaskan oleh hukum Avogadro: Volume gas yang sama mengandung jumlah molekul yang sama (pada T dan P yang sama).
  7. Persamaan gas ideal, PV = nRT, menggabungkan hukum Boyle, Charles, dan Avogadro. Persamaan ini menggambarkan perilaku gas ideal.
  8. Hukum Dalton tentang tekanan parsial menyatakan bahwa masing-masing gas dalam campuran gas memberikan tekanan yang sama seperti jika gas itu sendirian dan menempati volume yang sama.
  9. Teori kinetik molekul gas, cara matematika untuk menggambarkan perilaku molekul gas, didasarkan pada asumsi berikut: Molekul gas dipisahkan oleh jarak yang jauh lebih besar dari dimensi mereka sendiri, mereka memiliki massa tetapi memiliki volume yang dapat diabaikan, mereka berada dalam konstanta gerak, dan mereka sering bertabrakan satu sama lain. Molekul tidak saling tarik atau saling tolak.
  10. Kurva distribusi kecepatan Maxwell menunjukkan berapa banyak molekul gas yang bergerak pada berbagai kecepatan pada suhu tertentu. Saat suhu meningkat, lebih banyak molekul bergerak dengan kecepatan lebih besar.
  11. Dalam difusi, dua gas secara bertahap saling bercampur. Dalam efusi, molekul gas bergerak melalui lubang kecil di bawah tekanan. Kedua proses diatur oleh hukum matematika yang sama - hukum Graham difusi dan efusi.
  12. Persamaan van der Waals adalah modifikasi dari persamaan gas ideal yang memperhitungkan perilaku nonideal dari gas nyata. Ini mengoreksi fakta bahwa molekul gas nyata memberikan kekuatan satu sama lain dan bahwa mereka memiliki volume. Konstanta van der Waals ditentukan secara eksperimental untuk setiap gas. 

0 comments:

Post a Comment