Monday, January 21, 2019

Ringkasan Pengetahuan Faktual dan Konseptual

  1. Massa atom diukur dalam satuan massa atom (sma), satuan relatif berdasarkan nilai tepat 12,0000 untuk isotop C-12. Massa atom yang diberikan untuk atom-atom unsur tertentu adalah rata-rata dari yang terjadi secara alami  distribusi isotop unsur itu. Massa molekul suatu molekul adalah jumlah dari massa atom-atom dalam molekul. Baik massa atom maupun massa molekul dapat ditentukan secara akurat dengan spektrometer massa.
  2. Mol adalah jumlah atom, molekul, atau partikel sejumlah bilangan Avogadro (6,022 x 10²³). Massa molar (dalam gram) suatu unsur atau senyawa secara numerik sama dengan massanya dalam satuan massa atom (sma) dan mengandung jumlah atom sejumlah bilangan Avogadro (dalam hal unsur), molekul (dalam hal zat molekul), atau satuan rumus paling sederhana (dalam hal senyawa ionik).
  3. Komposisi persen menurut massa suatu senyawa adalah persen dari massa setiap unsur yang ada. Jika kita mengetahui komposisi persen berdasarkan massa suatu senyawa, kita dapat menyimpulkan rumus empiris senyawa dan juga rumus molekul senyawa tersebut jika perkiraan massa molar diketahui.
  4. Perubahan kimia, yang disebut reaksi kimia, diwakili oleh persamaan kimia. Zat yang mengalami perubahan — reaktan — ditulis di sebelah kiri dan zat yang terbentuk — produk — muncul di sebelah kanan tanda panah. Persamaan kimia harus seimbang, sesuai dengan hukum kekekalan massa. Jumlah atom setiap unsur dalam reaktan harus sama dengan jumlah dalam produk.
  5. Stoikiometri adalah studi kuantitatif produk dan reaktan dalam reaksi kimia. Perhitungan stoikiometri paling baik dilakukan dengan menyatakan jumlah yang diketahui dan tidak diketahui dalam hal mol dan kemudian dikonversi ke satuan lain jika perlu. Reagen pembatas adalah reaktan yang hadir dalam jumlah stoikiometrik terkecil. Reagen ini membatasi jumlah produk yang dapat dibentuk. Jumlah produk yang diperoleh dalam suatu reaksi (hasil aktual) mungkin kurang dari jumlah maksimum yang dimungkinkan (hasil teoritis). Rasio keduanya dikalikan dengan 100 persen dinyatakan sebagai hasil persen.

0 comments:

Post a Comment