Prinsip-prinsip dan konsep-konsep kimia dasar yang perlu dipelajari oleh siswa dan mahasiswa untuk menjelajah ilmu kimia. Diterjemahkan dari Buku Chemistry 10th Edition Raymond Chang Tahun 2010.

Natrium Klorida - Senyawa Ionik Yang Penting dan Akrab

Kita semua akrab dengan natrium klorida sebagai garam dapur. Ini adalah senyawa ionik yang khas, padatan rapuh dengan titik leleh tinggi (801°C) yang menghantarkan listrik dalam keadaan cair dan dalam larutan berair. Struktur NaCl padat ditunjukkan pada Gambar 2.13.

Salah satu sumber natrium klorida adalah garam batu, yang ditemukan dalam endapan bawah tanah setebal ratusan meter. Garam itu juga diperoleh dari air laut atau air garam (larutan NaCl pekat) dengan penguapan matahari. Natrium klorida juga terjadi di alam sebagai mineral halit.

Natrium klorida lebih sering digunakan daripada bahan lain dalam pembuatan bahan kimia anorganik. Konsumsi zat ini di dunia sekitar 150 juta ton per tahun. Penggunaan utama natrium klorida adalah dalam produksi bahan kimia anorganik penting lainnya seperti gas klor, natrium hidroksida, logam natrium, gas hidrogen, dan natrium karbonat. Ini juga digunakan untuk mencairkan es dan salju di jalan raya dan jalan. Namun, karena natrium klorida berbahaya bagi kehidupan tanaman dan meningkatkan korosi mobil, penggunaannya untuk tujuan ini menjadi perhatian lingkungan yang cukup besar.

Share:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Total Dilihat

Postingan Populer

Label

Arsip Blog

Postingan Terbaru

Cari Dengan Kata

Ikuti Dengan Email

Web Design By
Fp Comp

Subscriber