PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Latihan 9


9.1 Apa makna simbol titik Lewis? Untuk unsur apa simbol titik Lewis terutama berlaku?

9.2 Gunakan anggota kedua dari setiap golongan dari Golongan 1A sampai golongan 7A untuk menunjukkan bahwa jumlah elektron valensi pada atom unsur sama dengan nomor golongannya.

9.3 Tanpa mengacu pada Gambar 9.1, tulis simbol titik Lewis untuk atom unsur-unsur berikut: (a) Be (b) K, (c) Ca, (d) Ga, (e) O, (f) Br, (g) ) N, (h) I, (i) As, (j) F.

9.4 Tuliskan simbol titik Lewis untuk ion-ion berikut: (a) Li⁺, (b) Cl⁻, (c) S²⁻, (d) Sr²⁺, (e) N³⁻.

9.5 Tuliskan simbol titik Lewis untuk atom dan ion berikut: (a) I, (b) I⁻, (c) S, (d) S²⁻, (e) P, (f) P³⁻, (g) Na, (h) Na⁺, (i) Mg, (j) Mg²⁺, (k) Al, (l) Al³⁺, (m) Pb, (n) Pb²⁺.

9.6 Jelaskan apa ikatan ionik itu!

9.7 Jelaskan bagaimana energi ionisasi dan afinitas elektron menentukan apakah atom unsur akan bergabung membentuk senyawa ionik.

9.8 Sebutkan lima logam dan lima non logam yang sangat mungkin membentuk senyawa ionik. Tulis rumus untuk senyawa yang mungkin dihasilkan dari kombinasi logam dan non logam ini. Beri nama senyawa ini!

9.9 Sebutkan satu senyawa ionik yang hanya mengandung unsur non logam.

9.10 Sebutkan satu senyawa ionik yang mengandung kation poliatomik dan anion poliatomik (lihat Tabel 2.3).

9.11 Jelaskan mengapa ion dengan muatan lebih dari 3 jarang ditemukan dalam senyawa ionik.

9.12 Istilah "massa molar" diperkenalkan pada Bab 3. Apa keuntungan menggunakan istilah "massa molar" ketika kita membahas senyawa ionik?

9.13 Dalam kondisi manakah berikut ini NaCl menghantarkan arus listrik? (a) padat, (b) cair (yaitu, meleleh), (c) dilarutkan dalam air. Jelaskan jawaban Anda!

9.14 Berilium membentuk senyawa dengan klorin yang memiliki rumus empiris BeCl₂. Bagaimana Anda menentukan apakah itu senyawa ionik? (Senyawa ini tidak larut dalam air.)

9.15 Apakah energi kisi dan peran apa yang dimainkannya dalam stabilitas senyawa ionik?

9.16 Jelaskan bagaimana energi kisi senyawa ionik seperti KCl dapat ditentukan dengan menggunakan siklus Born-Haber. Berdasarkan hukum apa prosedur ini didasarkan?

9.17 Tentukan senyawa mana dalam pasangan senyawa ionik berikut yang memiliki energi kisi lebih tinggi: (a) KCl atau MgO, (b) LiF atau LiBr, (c) Mg₃N₂ atau NaCl. Jelaskan pilihan Anda.


9.18 Bandingkan stabilitas (dalam keadaan padat) dari pasangan senyawa berikut: (a) LiF dan LiF₂ (mengandung ion Li²⁺), (b) Cs₂O dan CsO (mengandung ion O⁻), (c) CaBr₂ dan CaBr₃ ( mengandung ion Ca³⁺).

9.19 Apa kontribusi Lewis terhadap pemahaman kita tentang ikatan kovalen? 

9.20 Gunakan contoh untuk menggambarkan masing-masing istilah berikut: pasangan bebas, struktur Lewis, aturan oktet, panjang ikatan.

9.21 Apa perbedaan antara simbol titik Lewis dan struktur Lewis?

9.22 Berapa banyak pasangan elektron bebas yang berada pada atom yang digarisbawahi dalam senyawa ini? HBr, H₂S, CH₄

9.23 Bandingkan ikatan tunggal, rangkap, dan rangkap tiga dalam molekul, dan berikan masing-masing contoh. Untuk atom ikatan yang sama, bagaimana panjang ikatan berubah dari ikatan tunggal menjadi ikatan rangkap tiga?


9.24 Bandingkan sifat-sifat senyawa ionik dan senyawa kovalen.

9.25 Definisikan elektronegativitas, dan jelaskan perbedaan antara elektronegativitas dan afinitas elektron. Jelaskan secara umum bagaimana elektronegativitas unsur berubah sesuai dengan posisinya dalam tabel periodik.


9.26 Apa itu ikatan kovalen polar? Sebutkan dua senyawa yang mengandung satu atau lebih ikatan kovalen polar.

9.27 Ringkas kata-kata penting dari aturan oktet Lewis. Aturan oktet berlaku terutama untuk unsur periode kedua. Jelaskan!


9.28 Jelaskan konsep muatan formal. Apakah muatan formal merupakan representasi sebenarnya dari muatan?

9.29 Jelaskan panjang ikatan, resonansi, dan struktur resonansi. Apa aturan untuk menulis struktur resonansi?

9.30 Apakah mungkin untuk "mendapatkan" struktur resonansi suatu senyawa untuk dipelajari? Jelaskan!

9.31 Mengapa aturan oktet tidak berlaku untuk kebanyakan senyawa yang mengandung unsur-unsur pada periode ketiga dan seterusnya pada tabel periodik?

9.32 Berikan tiga contoh senyawa yang tidak memenuhi aturan oktet. Tuliskan struktur Lewis untuk masing-masing senyawa.

9.33 Karena florin memiliki tujuh elektron valensi (2s²2p⁵), tujuh ikatan kovalen pada prinsipnya dapat terbentuk di sekitar atom. Senyawa seperti itu mungkin FH₇ atau FCl₇. Senyawa ini belum pernah dibuat. Mengapa?


9.34 Apa yang dimaksud dengan ikatan kovalen koordinasi? Apakah ini berbeda dari ikatan kovalen normal?

9.35 Apa itu entalpi ikatan? Entalpi ikatan molekul poliatomik adalah nilai rata-rata, sedangkan molekul diatomik dapat ditentukan secara akurat. Mengapa?


9.36 Jelaskan mengapa ikatan entalpi suatu molekul biasanya didefinisikan dalam istilah reaksi fasa gas. Mengapa proses pemutusan ikatan selalu bersifat endotermik dan proses pembentukan ikatan selalu bersifat eksotermik?

Share:

No comments:

Post a Comment

Total Dilihat

Postingan Populer

Label

Arsip Blog

Postingan Terbaru

Cari Dengan Kata

Ikuti Dengan Email

Web Design By
Fp Comp

Pengikut