PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Latihan 10


Geometri Molekul
10.1 Jelaskan definsi geometri molekul dan mengapa penting mempelajari geometri molekul?
10.2 Buat gambar bentuk molekul triatomik linier, molekul trigonal planar yang mengandung empat atom, molekul tetrahedral, molekul trigonal bipiramida, dan molekul oktahedral. Berikan sudut ikatan di setiap ikatan.
10.3 Berapa banyak atom yang terikat langsung dengan atom pusat dalam molekul tetrahedral, molekul trigonal bipiramida, dan molekul oktahedral?
10.4 Diskusikan ciri-ciri dasar model VSEPR! Jelaskan mengapa besarnya tolakan menurun dalam ikatan berikut: pasangan bebas-pasangan bebas > pasangan bebas-pasangan ikatan > pasangan ikatan-pasangan ikatan.
10.5 Dalam pengaturan trigonal bipiramida, mengapa pasangan bebas menempati posisi ekuator daripada posisi aksial?
10.6 Geometri CH₄ bisa berbentuk bujur sangkar, dengan empat atom H di sudut-sudut bujur sangkar dan atom C di tengah-tengah bujur sangkar. Buat gambar geometri ini dan bandingkan kestabilannya dengan molekul tetrahedral CH₄!

Momen Dipol
10.7 Definisikan momen dipol! Apa satuan dan simbol untuk momen dipol?
10.8 Apa hubungan antara momen dipol dan momen ikatan? Bagaimana kemungkinan suatu molekul memiliki momen ikatan namun menjadi nonpolar?
10.9 Jelaskan mengapa atom tidak dapat memiliki momen dipol permanen!
10.10 Ikatan dalam molekul berilium hidrida (BeH₂) adalah polar, namun momen dipol molekul adalah nol. Jelaskan mengapa!

Teori Ikatan Valensi
10.11 Apa itu teori ikatan valensi? Apa bedanya dengan konsep Lewis tentang ikatan kimia?
10.12 Gunakan teori ikatan valensi untuk menjelaskan ikatan dalam Cl₂ dan HCl. Tunjukkan bagaimana orbital atom tumpang tindih ketika ikatan terbentuk!
10.13 Gambarlah kurva energi potensial untuk pembentukan ikatan dalam F₂!

Hibridisasi
10.14 (a) Apa yang dimaksud hibridisasi orbital atom? Mengapa atom yang terisolasi tidak ada dalam keadaan hibridisasi? (b) Bagaimana perbedaan orbital hibrida dari orbital atom murni? Bisakah dua orbital 2p dari sebuah atom melakukan hibridisasi untuk menghasilkan dua orbital hibridisasi?
10.15 Berapa sudut antara dua orbital hibrida berikut pada atom yang sama? (a) orbital hibrida sp dan sp, (b) orbital hibrida sp² dan sp², (c) orbital hibrida sp³ dan sp³
10.16 Bagaimana Anda membedakan antara ikatan sigma dan ikatan pi?

Teori Orbital Molekul
10.17 Jelaskan teori orbital molekul? Apa bedanya dengan teori ikatan valensi?
10.18 Definisikan istilah berikut: ikatan orbital molekul, orbital molekul antiikatan, orbital molekul pi, orbital molekul sigma.
10.19 Buat gambar bentuk-bentuk orbital molekul berikut: ๐œŽ₁s, ๐œŽ*₁s, ๐œ‹₂p, dan ๐œ‹*₂p. Bagaimana perbandingan energinya?
10.20 Jelaskan signifikansi orde ikatan. Dapatkah orde ikatan digunakan untuk perbandingan kuantitatif dari kekuatan ikatan kimia?

Orbit Molekul yang terdelokalisasi
10.21 Apa perbedaan orbital molekul yang terdelokalisasi dengan orbital molekul seperti yang ditemukan pada H₂ atau C₂H₄? Menurut Anda apa syarat minimum (misalnya, jumlah atom dan jenis orbital) untuk membentuk orbital molekul yang terdelokalisasi?
10.22 Dalam Bab 9 kita melihat bahwa konsep resonansi berguna untuk menjelaskan spesi seperti molekul benzena dan ion karbonat. Bagaimana teori orbital molekul menjelaskan spesi ini?

Share:

No comments:

Post a Comment

Total Dilihat

Postingan Populer

Label

Arsip Blog

Postingan Terbaru

Cari Dengan Kata

Ikuti Dengan Email

Web Design By
Fp Comp

Pengikut