PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

9.1 Simbol Titik Lewis

Pengembangan tabel periodik dan konsep konfigurasi elektron memberi ahli kimia alasan untuk pembentukan molekul dan senyawa. Penjelasan ini, yang diformulasikan oleh Gilbert Lewis, adalah bahwa atom bergabung untuk mencapai konfigurasi elektron yang lebih stabil. Stabilitas maksimum terjadi ketika atom isoelektron dengan gas mulia.

Ketika atom berinteraksi membentuk ikatan kimia, hanya bagian luarnya yang bersentuhan. Karena alasan ini, ketika kita mempelajari ikatan kimia, kita terutama memperhatikan elektron valensi atom. Untuk melacak elektron valensi dalam reaksi kimia, dan untuk memastikan bahwa jumlah elektron tidak berubah, ahli kimia menggunakan sistem titik yang dirancang oleh Lewis yang disebut simbol titik Lewis. Simbol titik Lewis terdiri dari simbol unsur dan satu titik untuk setiap elektron valensi dalam atom unsur. Gambar 9.1 menunjukkan simbol titik Lewis untuk unsur representatif dan gas mulia. Perhatikan bahwa, kecuali untuk helium, jumlah elektron valensi yang dimiliki masing-masing atom sama dengan jumlah gugus unsur. Sebagai contoh, Li adalah unsur Golongan 1A dan memiliki satu titik untuk satu elektron valensi; Be, unsur Golongan 2A, memiliki dua elektron valensi (dua titik); dan seterusnya. Unsur dalam golongan yang sama memiliki konfigurasi elektron terluar yang serupa dan karenanya simbol titik Lewis juga serupa. Logam transisi, lantanida, dan aktinida semuanya memiliki kulit bagian dalam yang tidak lengkap, dan secara umum, kita tidak dapat menulis simbol titik Lewis sederhana untuknya.

Dalam bab ini, kita akan belajar menggunakan konfigurasi elektron dan tabel periodik untuk memprediksi jenis ikatan atom-atom yang akan terbentuk, serta jumlah ikatan yang dapat dibentuk oleh atom-atom dari unsur tertentu dan stabilitas produk.

Gambar 9.1. Simbol Titik Lewis untuk unsur representatif dan gas mulia. Jumlah titik-titik yang tidak berpasangan sesuai dengan jumlah ikatan yang dapat terbentuk oleh suatu atom unsur dalam suatu senyawa.
Share:

No comments:

Post a Comment

Total Dilihat

Postingan Populer

Label

Arsip Blog

Postingan Terbaru

Cari Dengan Kata

Ikuti Dengan Email

Web Design By
Fp Comp

Pengikut