Prinsip-prinsip dan konsep-konsep kimia dasar yang perlu dipelajari oleh siswa dan mahasiswa untuk menjelajah ilmu kimia. Diterjemahkan dari Buku Chemistry 10th Edition Raymond Chang Tahun 2010.

8. Hubungan Periodik Antar Unsur


Konsep Penting

  • Perkembangan tabel periodik unsur dan kontribusi yang diberikan oleh para ilmuwan abad kesembilan belas, khususnya oleh Mendeleev. (8.1)
  • Konfigurasi elektron merupakan cara logis untuk membangun tabel periodik, yang menjelaskan beberapa anomali diawal. Aturan untuk menulis konfigurasi elektron kation dan anion. (8.2)
  • Kecenderungan periodik dalam sifat fisik seperti ukuran atom dan ion dalam hal muatan inti efektif. (8.3)
  • Kecenderungan periodik dengan memeriksa sifat kimia seperti energi ionisasi dan afinitas elektron. (8.4 dan 8.5)
  • Menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam bab ini untuk secara sistematis mempelajari sifat-sifat unsur-unsur yang dikelompokkan sebagai golongan dan periode tertentu. (8.6)



Banyak sifat kimia dari unsur-unsur dapat dipahami berdasarkan konfigurasi elektronnya. Karena elektron memiliki orbital atom yang cukup teratur, tidak mengherankan bahwa unsur-unsur dengan konfigurasi elektron yang serupa, seperti natrium dan kalium, memiliki sifat serupa dalam banyak hal dan bahwa, secara umum, sifat-sifat unsur menunjukkan kecenderungan yang dapat diamati. Ahli kimia pada abad ke-19 mengakui kecenderungan periodik dalam sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur itu, jauh sebelum teori kuantum muncul. Meskipun para ahli kimia ini tidak menyadari keberadaan elektron dan proton, upaya mereka untuk mensistematisasi kimia unsur-unsur tersebut sangat berhasil. Sumber utama informasi mereka adalah massa atom unsur-unsur dan sifat fisik dan sifat kimia lainnya yang telah diketahui.
Share:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Total Dilihat

Postingan Populer

Label

Arsip Blog

Postingan Terbaru

Cari Dengan Kata

Ikuti Dengan Email

Web Design By
Fp Comp

Anggota Blog