Prinsip-prinsip dan konsep-konsep kimia dasar yang perlu dipelajari oleh siswa dan mahasiswa untuk menjelajah ilmu kimia. Diterjemahkan dari Buku Chemistry 10th Edition Raymond Chang Tahun 2010.

6. Termokimia



KONSEP PENTING
  • Dimulai dengan mempelajari jenis-jenis energi dan sifat energi, yang pada prinsipnya energi dapat diubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. (6.1)
  • Termokimia merupakan studi tentang perubahan energi dalam reaksi kimia. Dapt dilihat bahwa sebagian besar reaksi adalah endotermik (menyerap kalor) dan sebagian eksotermik (melepas kalor). (6.2)
  • Termokimia sebagai bagian dari subjek studi yang lebih luas yang disebut termodinamika. Hukum pertama termodinamika didasarkan pada hukum kekekalan energi. Perubahan energi dalam yang dapat diekspresikan dalam hal perubahan kalor dan kerja yang dilakukan suatu sistem. (6.3)
  • Istilah baru untuk energi, yang disebut entalpi, yang perubahannya berlaku untuk proses yang dilakukan dalam keadaan tekanan tetap. (6.4)
  • Cara untuk mengukur kalor reaksi disebut kalorimetri, arti kalor jenis dan kapasitas kalor, kuantitas yang digunakan dalam pekerjaan eksperimental. (6.5)
  • Entalpi pembentukan standar reaktan dan produk memungkinkan untuk menghitung entalpi suatu reaksi. Cara untuk menentukan entalpi reaksi baik dengan metode langsung atau dengan metode tidak langsung, yang didasarkan pada hukum Hess. (6.6)
  • Perubahan kalor ketika zat terlarut dalam pelarut (kalor larutan) dan ketika larutan diencerkan (kalor pengenceran). (6.7)
Setiap reaksi kimia mematuhi dua hukum dasar: hukum kekekalan massa dan hukum kekekalan energi. Hubungan massa antara reaktan dan produk dibahas dalam Bab "Hubungan massa dalam reaksi kimia"; di bab ini dibahas perubahan energi yang menyertai reaksi kimia.
Share:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Total Dilihat

Postingan Populer

Label

Arsip Blog

Postingan Terbaru

Cari Dengan Kata

Ikuti Dengan Email

Web Design By
Fp Comp

Subscriber