Monday, January 21, 2019

5. Gas



KONSEP PENTING


  • Kita mulai dengan memeriksa zat-zat yang ada sebagai gas dan sifat umumnya. (5.1)
  • Kita mempelajari satuan untuk mengekspresikan tekanan gas dan karakteristik tekanan atmosfer. (5.2)
  • Selanjutnya, kita mempelajari hubungan antara tekanan, volume, suhu, dan jumlah gas dalam kaitannya dengan berbagai hukum gas. Kita akan melihat bahwa hukum-hukum ini dapat dirangkum dengan persamaan gas ideal, yang dapat digunakan untuk menghitung kepadatan atau massa molar gas. (5.3 dan 5.4)
  • Kita akan mempelajari bahwa persamaan gas ideal dapat digunakan untuk mempelajari stoikiometri yang melibatkan gas. (5.5)
  • Kita mempelajari bahwa perilaku campuran gas dapat dipahami dengan hukum Dalton tentang tekanan parsial, yang merupakan perpanjangan dari persamaan gas ideal. (5.6)
  • Kita akan mempelajari bagaimana teori kinetika molekul gas, yang didasarkan pada sifat-sifat molekul individu, dapat digunakan untuk menggambarkan sifat makroskopis seperti tekanan dan suhu gas. Kita mempelajari bahwa teori ini memungkinkan kita memperoleh ekspresi untuk kecepatan molekul pada suhu tertentu, dan memahami fenomena seperti difusi gas dan efusi. (5.7)
  • Akhirnya, kita akan mempelajari koreksi untuk perilaku gas non-ideal menggunakan persamaan van der Waals. (5.8)

Dalam kondisi tekanan dan suhu tertentu, sebagian besar zat dapat berada di salah satu dari tiga kondisi materi: padat, cair, atau gas. Air, misalnya, bisa berupa padat, cair atau gas. Sifat fisika suatu zat seringkali tergantung pada keadaannya.

Gas, subjek bab ini, lebih sederhana daripada cairan dan padatan dalam banyak hal. Gerakan molekul dalam gas benar-benar acak, dan kekuatan tarik-menarik antar molekul gas sangat kecil sehingga setiap molekul bergerak bebas dan pada dasarnya tidak tergantung pada molekul lain. Mengalami perubahan suhu dan tekanan, lebih mudah untuk memprediksi perilaku gas. Hukum yang mengatur perilaku ini telah memainkan peran penting dalam pengembangan teori atom materi dan teori kinetika molekul gas.

0 comments:

Post a Comment