Thursday, January 24, 2019

21. Unsur Nonlogam dan Senyawanya

Konsep Penting
• Bab ini dimulai dengan memeriksa sifat umum dari bukan logam. (21.1)
• Kita melihat bahwa hidrogen tidak memiliki posisi unik dalam tabel periodik. Kami mempelajari persiapan hidrogen dan mempelajari beberapa jenis senyawa yang mengandung hidrogen. Kami juga membahas reaksi hidrogenasi dan peran hidrogen dalam produksi energi. (21.2)
• Selanjutnya, kami mempertimbangkan dunia karbon anorganik dalam hal karbida, sianida, dan karbon monoksida dan karbon dioksida. (21.3)
• Nitrogen adalah unsur paling berlimpah di atmosfer. Senyawa utamanya adalah amonia, hidrazin, dan beberapa oksida. Asam nitrat, zat pengoksidasi kuat, adalah bahan kimia industri utama. Fosfor adalah elemen penting lainnya dalam Grup 5A. Ini adalah komponen utama gigi dan tulang dan dalam bahan genetik seperti asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat (RNA). Senyawa fosfor meliputi hidrida dan oksida. Asam fosfat memiliki banyak aplikasi komersial. (21.4)
• Oksigen adalah unsur paling melimpah di kerak bumi. Ini membentuk senyawa dengan sebagian besar unsur lain seperti oksida, peroksida, dan superoksida. Bentuk alotropiknya, ozon, adalah zat pengoksidasi kuat. Belerang, anggota kedua Grup 6A, juga membentuk banyak senyawa dengan logam dan bukan logam. Asam sulfat adalah bahan kimia industri paling penting di dunia. (21.5)
• Halogen adalah yang paling elektronegatif dan paling reaktif dari bukan logam. Kami mempelajari persiapan, sifat, reaksi, dan aplikasi senyawa mereka. (21.6)

0 comments:

Post a Comment