Hukum-hukum, prinsip-prinsip dan konsep-konsep dasar yang perlu dipelajari oleh siswa dan mahasiswa untuk menjelajah ilmu kimia. (Sebagian besar Topik Diterjemahkan dari Buku Chemistry 10th Edition Raymond Chang Tahun 2010).

12.1 Jenis Larutan

Pada Bagian 4.1 telah dicatat bahwa larutan adalah campuran homogen dari dua atau lebih zat. Karena definisi ini tidak membatasi sifat zat yang terlibat, dapat dibedakan enam jenis larutan, tergantung pada keadaan awal (padat, cair, atau gas) komponen larutan. Tabel 12.1 memberikan contoh untuk setiap jenis.

Tabel 12.1

Jenis Larutan

Komponen 1

Komponen 2

Keadaan hasil larutan

Contoh

Gas

Gas

Gas

Udara

Gas

Cair

Cair

CO2 dalam air

Gas

Padat

Padat

H2 dalam paladium

Cair

Cair

Cair

Etanol dalam air

Padat

Cair

Cair

NaCl dalam air

Padat

Padat

Padat

Cu/Zn, Sn/Pb


Fokus kita dalam bab ini adalah pada larutan yang melibatkan setidaknya satu komponen cair — yaitu larutan gas-cair, cair-cair, dan cair-padat. Dan, mungkin tidak terlalu mengherankan, pelarut cair di sebagian besar larutan yang akan dipelajari adalah air.

Kimiawan juga mengkarakterisasi larutan berdasarkan kapasitasnya untuk melarutkan zat terlarut. Larutan jenuh mengandung jumlah maksimum zat terlarut yang akan larut dalam pelarut tertentu pada suhu tertentu. Larutan tak jenuh mengandung lebih sedikit zat terlarut daripada yang dimilikinya untuk larut. Jenis ketiga, larutan lewat jenuh, mengandung lebih banyak zat terlarut daripada yang ada dalam larutan jenuh. Larutan lewat jenuh sangat tidak stabil. Pada waktunya, beberapa zat terlarut akan keluar dari larutan lewat jenuh sebagai kristal. Kristalisasi adalah proses di mana zat terlarut keluar dari larutan dan membentuk kristal (Gambar 12.1). Perhatikan bahwa baik pengendapan dan kristalisasi menggambarkan pemisahan zat padat berlebih dari larutan jenuh. Namun, padatan yang dibentuk oleh kedua proses tersebut berbeda dalam penampilan. Biasanya dianggap endapan terdiri dari partikel kecil, sedangkan kristal mungkin besar dan terbentuk dengan baik.


Gambar 12.1 Dalam larutan natrium asetat jenuh (kiri), kristal natrium asetat dengan cepat terbentuk saat kristal butir kecil ditambahkan.


Share:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Total Dilihat

Postingan Populer

Label

Arsip Blog

Postingan Terbaru

Cari Dengan Kata

Web Design By
Fp Comp

Anggota Blog