Friday, December 22, 2017

Ringkasan BAB 1



1. Pelajaran kimia melibatkan tiga langkah dasar, yaitu: observasi (pengamatan), representasi, dan interpretasi. Observasi (pengamatan) mengacu pada pengukuran di dunia makroskopik. Representasi melibatkan penggunaan simbol atau notasi singkat dan persamaan untuk komunikasi. Interpretasi didasarkan pada atom dan molekul, yang termasuk dalam dunia mikroskopik.
2. Metode ilmiah adalah pendekatan sistematis terhadap penelitian yang dimulai dengan pengumpulan informasi atau pengumpulan data melalui observasi (pengamatan) dan pengukuran. Dalam proses selanjutnya, hipotesis, hukum, dan teori dirancang kemudian diuji.
3. Ahli kimia mempelajari materi dan perubahan yang dialaminya. Zat yang membentuk materi memiliki sifat fisika yang unik yang dapat diamati tanpa mengubah identitas. Sifat kimia yang unik ditunjukkan oleh perubahan identitas zat. Campuran, baik homogen ataupun heterogen, dapat dipisahkan menjadi komponen murni dengan cara fisika.
4. Zat paling sederhana dalam kimia adalah unsur. Senyawa dibentuk oleh kombinasi kimia atom dari unsur yang berbeda dalam proporsi atau perbandingan tetap.
5. Semua zat, pada prinsipnya, bisa ada di tiga keadaan, yaitu: padat, cair, dan gas. Interkonversi antara keadaan-keadaan ini dapat dilakukan dengan mengubah suhu terutama pada titik lebur dan titik leleh.
6. Satuan SI digunakan untuk mengekspresikan jumlah atau ukuran fisika dalam semua sains, termasuk kimia.
7. Angka yang dinyatakan dalam notasi ilmiah memiliki bentuk N x 10n, dimana N adalah antara 1 sampai 10, dan n adalah bilangan bulat positif atau negatif. Notasi ilmiah membantu kita menangani bilangan yang sangat besar dan sangat kecil.

0 comments:

Post a Comment