Saturday, January 28, 2017

1.2. Mata pelajaran kimia

#
Dibandingkan dengan mata pelajaran lain, kimia umumnya diyakini lebih sulit, setidaknya bagi siswa pada tingkat menengah atas (SMA) dan mahasiswa tingkat dasar jurusan pendidikan MIPA semester awal (I dan II). Ada beberapa pembenaran untuk persepsi ini, salah satunya adalah kimia memiliki kosa kata yang sangat khusus. Namun, walaupun jika ini adalah baru pertama kali siswa atau mahasiswa belajar kimia pada tingkat SMA atau perguruan tinggi, sebenarnya mereka sudah memiliki keakraban dengan pelajaran kimia lebih daripada yang mereka sadari. Dalam percakapan sehari-hari mereka mendengar kata-kata yang memiliki hubungan dengan kimia, meskipun tidak dapat digunakan dalam arti yang benar secara ilmiah. Contohnya adalah "elektronika," "kuantum," "kesetimbangan," "katalis," "reaksi kimia," "energi", dan "massa". Selain itu, siswa atau mahasiswa sering memasak atau melihat ibu memasak, sebenarnya mereka telah menjadi ahli kimia yang terlatih. Dari pengalaman yang diperoleh di dapur, mereka mengetahui bahwa minyak dan air tidak bercampur. Air yang tersisa di atas kompor akan mendidih dan menguap. Koki menerapkan prinsip-prinsip kimia dan fisika saat mereka menggunakan baking soda untuk membuat roti, memilih pressure cooker (pressto) untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam menyajikan sup, menambahkan pelunak daging ketika memanggang, memeras jus lemon di atas irisan pir untuk mencegahnya berubah warna menjadi cokelat atau menambahkannya pada ikan untuk mengurangi bau amisnya, dan menambahkan cuka ke dalam air ketika merebus telur. Setiap hari mahasiswa telah mengamati perubahan tersebut tanpa berpikir tentang sifat kimianya. Tujuan belajar kimia dasar khususnya di blog ini adalah untuk membuat mahasiswa atau siapapun yang membaca blog ini berpikir seperti ahli kimia berpikir, melihat hal-hal yang makroskopik di dunia yang bisa dilihat, dientuh, dan diukur secara langsung serta memvisualisasikan partikel (atom dan molekul) dan peristiwa dunia mikroskopis yang tidak bisa dilihat dan diukur tanpa teknologi modern dan imajinasi.

Pada awalnya beberapa siswa atau mahasiswa mungkin merasa bingung membaca buku kimia atau blog pembelajaran kimia seperti ini, yang tampaknya akan terus bergeser bolak-balik antara dunia makroskopik dan mikroskopik. Hanya perlu diingat bahwa data untuk penyelidikan kimia yang paling sering muncul berasal dari pengamatan fenomena skala makroskopik, tetapi penjelasannya sering berada di dunia mikroskopik yang tak terlihat dan sebagian besar dengan membayangkan atom dan molekul. Dengan kata lain, ahli kimia sering melihat satu hal di dunia makroskopik dan berpikir hal lain di dunia mikroskopik. Seorang ahli kimia melihat paku berkarat (pada Gambar 1.2), dia mungkin berpikir tentang sifat-sifat dasar atom-atom besi dan bagaimana satuan-satuan ini berinteraksi dengan atom dan molekul lain menghasilkan perubahan yang diamati.
Gambar 1.2 Suatu molekul karat (Fe2O3) dibentuk dari atom besi (Fe) dan molekul oksigen (O2). Pada kenyataannya prosesnya membutuhkan air, dan karat juga mengandung molekul air.




0 comments:

Post a Comment