1. Kimia : Pelajaran Tentang Materi dan Perubahannya



Tujuan Pembelajaran Bab 1

Kita mempelajari konsep:

  • Ilmu kimia. Kimia adalah ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya. Ilmu kimia merupakan ilmu pusat. Kita mengenal secara singkat tentang ilmu kimia dan menjelaskan peranannya dalam masyarakat modern. (1.1 dan 1.2) 
  • Metode ilmiah. Metode ilmiah merupakan pendekatan ilmiah yang sistematis untuk melakukan penelitian di semua disiplin ilmu termasuk ilmu kimia. (1.3) 
  • Klasifikasi materi dan wujud materi. Zat murni dapat berupa unsur atau senyawa. Campuran zat dibedakan antara campuran homogen dan campuran heterogen. Pada prinsipnya, semua materi bisa berwujud padat, cair, atau gas. (1.4 dan 1.5)
  • Sifat fisika dan sifat kimia materi. Suatu zat dapat diketahui cirinya dengan mengetahui sifat fisika yang dapat diamati tanpa mengubah identitas dan sifat kimia yang dapat ditunjukkan hanya melalui perubahan kimia. (1.6) 
  • Pengukuran dan satuan. Ilmu kimia merupakan ilmu eksperimental, ilmu kimia melibatkan pengukuran. Besaran-besaran pokok yang terukur memiliki satuan SI. Satuan SI diturunkan untuk menyatakan kuantitas seperti volume dan kerapatan. Kita mengenal tiga skala suhu: Celsius, Fahrenheit, dan Kelvin. (1.7) 
  • Penanganan bilangan. Menangani perhitungan kimia melibatkan bilangan yang sangat besar atau bilangan sangat kecil. Notasi ilmiah merupakan cara mudah menangani bilangan. Dalam perhitungan atau pengukuran, setiap bilangan harus menunjukkan jumlah digit yang bermakna disebut angka signifikan. (1.8) 
  • Menganalisis dimensi yang berguna dalam perhitungan kimia. Mengusung satuan melalui seluruh urutan perhitungan, semua satuan akan saling menghilangkankan kecuali satuan yang diinginkan. (1.9)


# 
Ilmu kimia merupakan ilmu yang selalu berkembang. Kimia penting bagi dunia modern hari ini, baik dalam ilmu pengetahuan alam maupun ilmu pengetahuan sosial. Kimia adalah ilmu pengetahuan modern. Pelajaran kimia dimulai pada tingkat makroskopis, di mana kita bisa melihat dengan mata telanjang dan mengukur bahan atau materi yang ada di dunia ini. Dalam Bab 1 ini, kita akan mempelajari metode ilmiah. Metode ilmiah merupakan kerangka kerja untuk melakukan suatu penelitian ilmiah yang tidak hanya dalam kimia saja tetapi juga dalam semua ilmu lainnya. Selanjutnya kita akan  mengetahui bagaimana para ilmuwan menemukan dan menetapkan ciri-ciri materi. Kemudian kita perlu meluangkan waktu untuk belajar bagaimana menangani hasil numerik dari pengukuran kimia dan memecahkan masalah numerik tersebut. Dalam Bab 2, kita akan mulai menjelajahi dunia mikroskopis atom dan molekul, di mana kita tidak dapat melihat dengan mata telanjang dan mengukurnya tanpa peralatan modern seperti mikroskop atom, spektrofotometer infra merah (IR), spektrofotometer UV-Vis, spektrofotometer serapan atom (SSA), dan spektrofotometer resosnansi magnetik inti (NMR).

0 comments:

Post a Comment