Website ini dikembangkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Palangka Raya untuk meningkatkan akses pembelajaran digital yang dapat digunakan oleh siswa dan mahasiswa. Materi yang disajikan adalah prinsip-prinsip dan konsep-konsep kimia dasar yang perlu dipelajari oleh siswa dan mahasiswa untuk menjelajah ilmu kimia. Materi yang disajikan merupakan kontribsusi dari buku-buku kimia yang populer diantaranya yang ditulis oleh Raymond Chang, Peter Atkins, Yashito Takeuchi.

20.1 Kejadian Logam

Sebagian besar logam berasal dari mineral. Mineral adalah zat yang terbentuk secara alami dengan berbagai komposisi kimia. Deposit mineral yang cukup terkonsentrasi untuk memungkinkan pemulihan ekonomis dari logam yang diinginkan dikenal sebagai bijih. Tabel 20.1 mencantumkan jenis mineral utama, dan Gambar 20.1 menunjukkan klasifikasi logam menurut mineral mereka.
Logam yang paling banyak, yang ada sebagai mineral di kerak bumi, adalah aluminium, besi, kalsium, magnesium, natrium, kalium, titanium, dan mangan (lihat hal. 52). Air laut adalah sumber yang kaya akan beberapa ion logam, termasuk Na1, Mg21, dan Ca21. Lebih jauh, area luas dari samudera ditutupi oleh nodul mangan, yang sebagian besar terdiri dari mangan, bersama dengan besi, nikel, tembaga, dan kobalt dalam keadaan gabungan kimia (Gambar 20.2).
Share:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Total Dilihat

Postingan Populer

Label

Arsip Blog

Postingan Terbaru

Cari Dengan Kata

Ikuti Dengan Email

Web Design By
Fp Comp

Pengikut