Thursday, June 21, 2018

Ringkasan BAB 2

  1. Kimia modern dimulai dengan teori atom Dalton, yang menyatakan bahwa semua materi tersusun atas partikel-partikel kecil yang tak terpisahkan yang disebut atom; bahwa semua atom dari unsur yang sama itu identik; Senyawa-senyawa itu mengandung atom-atom unsur-unsur yang berbeda yang digabungkan dalam rasio bilangan bulat; dan bahwa atom tidak diciptakan atau dihancurkan dalam reaksi kimia (hukum kekekalan massa).
  2. Atom unsur penyusun dalam senyawa tertentu selalu dikombinasikan dalam proporsi yang sama dengan massa (hukum proporsi tetap). Ketika dua unsur dapat bergabung untuk membentuk lebih dari satu jenis senyawa, massa dari satu unsur yang bergabung dengan massa tetap dari unsur lainnya berada dalam rasio bilangan bulat sederhana (hukum proporsi ganda).
  3. Sebuah atom terdiri dari inti pusat yang sangat padat yang mengandung proton dan neutron, dengan elektron bergerak di sekitar inti pada jarak yang relatif besar darinya.
  4. Proton bermuatan positif, neutron tidak memiliki muatan, dan elektron bermuatan negatif. Proton dan neutron memiliki massa yang kira-kira sama, yaitu sekitar 1.840 kali lebih besar dari massa elektron.
  5. Nomor atom unsur adalah jumlah proton dalam inti atom dari unsur; nomor atom menentukan identitas suatu unsur. Nomor massa adalah jumlah proton dan jumlah neutron dalam inti.
  6. Isotop adalah atom dari unsur yang sama dengan jumlah proton yang sama tetapi jumlah neutron yang berbeda.
  7. Rumus kimia menggabungkan simbol-simbol unsur-unsur penyusun dengan subskrip angka keseluruhan untuk menunjukkan jenis dan jumlah atom yang terkandung dalam unit terkecil suatu senyawa.
  8. Rumus molekul menyampaikan nomor spesifik dan jenis atom yang digabungkan dalam setiap molekul senyawa. Rumus empiris menunjukkan rasio paling sederhana dari atom yang digabungkan dalam sebuah molekul.
  9. Senyawa kimia adalah senyawa molekul (di mana unit terkecil bersifat diskrit, molekul individual) atau senyawa ionik, yang terbentuk dari kation dan anion.
  10. Nama-nama dari banyak senyawa anorganik dapat disimpulkan dari seperangkat aturan sederhana. Rumus dapat ditulis dari nama-nama senyawa.
  11. Senyawa organik mengandung karbon dan unsur-unsur seperti hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Hidrokarbon adalah jenis senyawa organik yang paling sederhana

0 comments:

Post a Comment